Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Kamis, 03 Desember 2020

#Day2DesAISEIWritingChallengeInspirasiIbnuSinaMuncul,AtasIzinAllah

 

INSPIRASI IBNU SINA MUNCUL,

ATAS IZIN ALLAH

Segala yang terjadi di muka bumi ini adalah atas izin Allah S.W.T. ratusan tahun lalu bahkan mungkin ribuan tahun. Ada 7 orang pemuda dalam surat Al kahfi yang tertidur selama 300 tahun dan dibangunkan Allah sebagai pemuda-pemuda yang dirahmati Allah. Apa yang terjadi pada 7 pemuda adalah karena izin Allah. Itulah kebesaranNya, yang manusia tidak akan mampu melakukannya. Tidak bisa dilihat secara logika, tetapi nyata. Sehingga apapun yang terjadi dimuka bumi keburukan dan kebaikan adalah atas izin Allah. Mengapa saya memposting gambar di atas?

                Begini ceritanya, waktu saya pertama kali harus membuka sebuah Blog untuk tujuan tertentu. Saya bingung mau diberi nama apa blog ini. Tiba-tiba saya teringat ponakan saya yang memiliki nama Avininda terinspirasi dari Avicenna seorang tokoh filsuf Islam. Beliau adalah Ibnu Sina, Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā, yang di belahan barat dunia mengenalnya dengan Avicenna. Ibnu Sina adalah salah satu tokoh pemikir Islam yang hidup di tahun 980 -1037. Di usia 56 tahun beliau wafat. Beliau terlahir dari negeri Persia, saat ini dikenal sebagai negeri Iran. Dia dikenal sebagai bapak Kedokteran. Dibaca dari sejarah lahirnya dan perjalanan karirnya sebagai filsuf, Beliau telah menulis 450 buku selama beliau hidup. Beliau telah memberi manfaat besar bagi perkembangan kedokteram Modern dengan tulisannya “Al-Qonun fi At Tibb”

Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. Banyak di antaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. " George Sarton menyebut Ibnu Sina "ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat dan waktu". Karyanya yang paling terkenal adalah Kitab Penyembuhan dan Qanun Kedokteran (Al-Qanun fi At Tibb).1)

Betapa menginspirasinya beliau sehingga saya memberi nama blog saya menjadi “Ibnucienna”. Begitulah cerita munculnya nama blog ini. Meskipun mungkin saya tidak sehebat beliau, paling tidak saya punya semangat menulis mudah-mudahan dapat menjadi warisan baik untuk anak- dan cucu nanti.

             Oleh karena itu, keinginan terbesar saya adalah agar blog ini bisa memberikan inspirasi untuk mengembangkan potensi seorang manusia menjadi lebih baik dalam mengimani Allah/Tuhan, insya allah atas izin Allah tentunya dalam setiap fenomena hidup. Alhamdulillah, Allah memperjalankan saya untuk selalu mampir dari blog ke blog lain, dari bacaan ke bacaan secara virtual sejak tahun 2009, yang penuh ilmu terbarukan dan penuh pengalaman kebaikan di dalamnya. Betapa indah ilmu Allah tercipta di sana.   

             Allah banyak mentautkan hati ini untuk menuliskan pengalaman menjalani tantangan allah yang tidak disadari insan dari apa yang dipikirkannya. Allah ciptakan manusia berbangsa-bangsa; berbeda-beda ciri khas, agama, etnis, dan pemikiran agar insan saling melengkapi, mengisi, dan menguatkan. Semua muncul dan tercipta atas Izin Allah.


 




1) https://id.wikipedia.org/wiki/Ibnu_Sina



2 komentar:

your opinion