Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Selasa, 05 Januari 2021

#Day1Jan2021AISEIWritingChallangeOBSERVASITUTORSEBAYAANTARAGURUMENGGUGAHSTIMULUSKESADARANBERPIKIRDANBERNALAR


PENDIDIK YANG MENGINSPIRASI




OBSERVASI TUTOR SEBAYA ANTARA GURU 
MENGGUGAH STIMULUS KESADARAN BERPIKIR DAN BERNALAR


Oleh Diah Trisnamayanti, S.S.

SMK MedikaCom Bandung

           Setiap manusia berjiwa pasti menggunakan akal untuk berpikir. Terkadang jiwa ada yang sudah mencapai kesadaran dan ada yang masih dalam keadaan tidak sadar (tertidur). Di dalam surat Az-Zummar (QS.39: 42), Allah menggenggam jiwa yang tertidur dan melepas untuk dihidupkan kembali. Dalam kehidupan, jiwa yang memiliki kesadaran penuh akan menggunakan pikiran dan nalarnya saat menyelesaikan masalah; “ ... Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal” (QS. An-Nahl:12).  Sementara jiwa  manusia yang masih tertidur perlu digugah untuk mulai berpikir dan bernalar.

        Kebiasaan berpikir kritis membangun konsep kesadaran berpikir dan bernalar lebih baik. Menurut Anne De  A’Echevarria & Ian Petience (2008: 18-19) proses pembelajaran berpikir dan bernalar ditemukan dalam kegiatan secara Aktif, Berarti, Menantang, Kolaboratif, Termediasi dan Reflektif di kelas dan diperkuat Colleen Meaney dalam www.educational.comTeacher Obeserving Teachers: A Professional Development Tool For Every School

Melalui observasi tutor sebaya serta Refleksi pembelajaran, guru dapat membangun kesadaran berpikir kritis dan bernalar sehingga terjadi peningkatan profesionalitas menyeluruh di kelas.

Problema Klasik

Seorang guru mengeluh bingung ketika nilai siswa buruk dan tidak mengerjakan tugas. Sehingga muncul rasa bosan mengajar. Sebaliknya, siswa mengungkapkan guru jarang masuk kelas sehingga membuatnya tidak memahami pelajaran dan tidak bersemangat belajar.

Masalah klasik terjadi karena kurang komunikasi serta beradaptasi antara guru dan siswa. Satu sama lain mengklaim kebenaran terhadap argumennya.

Kesadaran Berpikir dan Bernalar

 Sebagai koordinator mata pelajaran bahasa Inggris unit sekolah, saya bertanggung jawab membantu guru bahasa Inggris lain dalam memahami karakter belajar siswa.

Kesulitan beradaptasi harus segera diselesaikan sebelum berakibat fatal. Untuk memecahkannya, perlu dilakukan supervisi kelas.

        Diambil langkah praktis. Ilustrasi tutor sebaya dimulai dengan meminta sampel tugas siswa kurang lebih 10 % dari jumlah siswa yang diajar.

         Apakah hasil tugas siswa di tiap kelas, sama dengan masalah dasar yang diungkapkan guru? Bagaimana dengan karakter belajar siswa di kelas? Pertanyaan koordinator guru mata pelajaran dianggap sebagai stimulus yang harus dijawab guru agar mencapai kesadaran berpikir tentang perbandingan hasil belajar siswa dihubungkan dengan kesulitan belajar atau kesalahan metode belajar.

Ketika guru mencari metode, konsep belajar dan kekurangan dalam dirinya; kemudian secara sadar, mengubah pola ajar pada siswa. Artinya, kemampuan nalar guru juga terasah; prosesnya bersamaan dengan berpikir kritis. Sehingga setelahnya, dia akan memproses kesulitan secara mandiri.

Pemantauan dilakukan melalui bertanya lanjutan “Sudah sejauh mana metode, yang didapat, dilaksanakan di dalam kelas?”. Jawaban guru menjadi latihan berpikir dan bernalar lanjutan untuk mewujudkan kebutuhan belajar siswa lebih baik dengan menggabungkan beberapa faktor pendukung  seperti sarana, prasarana, alat, media dan suasana dalam pembelajaran.  Apa dampaknya bagi siswa?

Dampak pembelajaran yang direncanakan secara sadar untuk mewujudkan kebutuhan siswa membuktikan bahwa proses berpikir dan bernalar sudah bekerja dengan baik  dalam refleksi pembelajaran di dalam kelas sehingga muncul harapan, imajinasi, perubahan cara pandang belajar secara menyeluruh.

Pencapaian Pemahaman dan Kesimpulan

Membangunkan jiwa yang masih tertidur adalah tanggungjawab manusia yang memiliki akal. Membantu manusia lain menggunakan kemampuan berpikir dan bernalar menyeluruh sehingga terjadi pergeseran nilai manfaat belajar merupakan pengembangan keprofesionalan guru secara menyeluruh.

                                   ####

#AISEI

#LombaBlogAISEI

#KomunitasPendidik Indonesia



Daftar Pustaka

1.   Qur’an surat, Az-Zummar (39) ayat 42

2.   Qur’an surat, An-Nahl (78) ayat 12

3.   De’Aechevarria & Ian Patience, Anne, “Seri Strategi Pengajaran: Strategi Pengajaran Berpikir”; hal.18-19 esensi-Erlangga Group, Jakarta.

4.   http://www.educationworld.com/a.admin/admin/admin297.shtml/Teacher-Observing-Teacher:-A-Professional-Development-Tool-for-Every-school


28 komentar:

  1. mantul, saling belajar dan membelajari bu. membangun motivasi juga

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.. terimakasih. Pak. Tapi maaf m3mbelajari tu apa ya pak? Hehehe

    BalasHapus
  3. Keren Bu paparannya..
    Salam sukses ya Bu...

    BalasHapus
  4. Ibu Kartini pasti lebih keren deh.. percaya.

    BalasHapus
  5. Terims kasoh sdh menuliskan pengalamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, belajar dari bacaan Omjay. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk belajar dg sesama teman guru

      Hapus
  6. dengan menulis kita dapat menumpah kan aliran ide yang tersumbat membuat suatu pola tujuan maupun motivasi, ilmu baru yang bermanfaat awesome teacher


















    BalasHapus
  7. Thank you anakku Ramadhan. Subhanallah.

    BalasHapus
  8. Terimakasih karena sudah selalu sabar dalam membimbing kami Bu, ibu yang selalu bikin kita jadi lebih semangat belajar bahasa Inggris di pembelajaran daring ini. Sehat selalu ya Bu ☺️

    BalasHapus
  9. Terimakasih sudah berbagi pengalamannya bu.. Tulisannya sangat memotivasi untuk saya

    BalasHapus
  10. Sangat Berterima kasih kepada ibu, berkat ibu saya bisa banyak pengalaman yang bisa memotivasi saya sendiri

    BalasHapus
  11. Sangat menginspirasi sekali Bu! Terima kasih atas tulisannya semoga Ibu sehat selalu,,

    BalasHapus
  12. Keren mrs 🤩👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  13. Bagus bu mengispirasi banget 😍

    BalasHapus
  14. Terimakasih mrs sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  15. Mantap Mrs, Mrs sangat kreatif ilmu yang Mrs bagikan sangat bermanfaat








    BalasHapus
  16. so motivating miss, semoga bisa terus memberi motivasi 😍😍😍😍

    BalasHapus
  17. Semangat miss, terimakasih telah menginspirasi ❤

    BalasHapus
  18. Thank you so much my students.. I think I must grateful to Allah because I get all best students.

    BalasHapus

your opinion