Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Minggu, 17 Januari 2021

#Day17Jan2021AISEIWritingChallangeBelajarBerbagaiAplikasiBersamaKelasKreatifdanPSSDM

 


BELAJAR BERBAGAI APLIKASI

BERSAMA KELAS KREATIF DAN PSSDM

Kemarin, tanggal 16 Januari 2021 adalah hari yang sangat direncanakan oleh saya untuk mempelajari materi kompetensi IT sebagai bentuk dukungan pembelajaran pada siswa-siswa saya yang sudah antusias masuk kelas. Minggu lalu ilmu Canva, disampaikan dengan cantik dan menarik oleh dua guru keren.

Ketika tiba-tiba Pak Ivan dan Pak Dadan menyampaikan Menti meter, asli saya bolak-balik masuk dan tidak paham penggunaannya. Masuk lagi dengan google mail; klak klik tidak masuk-masuk dan tidak terlihat soal yang diberikan. Blass ndak ngerti. Keringat dingin keluar. Padahal bukan saya yang mengisi acara itu.

Pak Ivan memberikan penjelasan lebih cepat dari ngulik saya. Kejar terus; ilmu yang bisa didapat secara gratis, jangan jadi sia-sia. Penjelasan learning apps.org lumayan menantang pembelajarannya. Saya memang merencanakan kegiatan pembelajaran berbasis IT ini di kelas yang notabene, anak-anak yang hectic dengan game.

Minggu lalu ketika 3 tingkatan kelas dengan content bahasa Inggris yang berbeda, mereka dapat menyelesaikan tugas dengan mencengangkan. Mereka antusias. Kebetulan saya mencoba dengan kompetensi literasi mereka melalui Padlet.

“Jujur mereka bilang, awalnya susah,bu”, begitu kata mereka. Kemudian ditambahkan dalam chat ke private chat “ Seru juga” dan dia menyelesaikan tugas dengan waktu hanya 15 menit.

Subhanallah.

White board juga diperkenalkan dengan baik oleh Pak Ivan. Terlebih lagi ketika Ibu Pipit memberikan masukan tentang video. Bagaimana mengajarkan dengan video. Saya benar-benar mendapatkan durian runtuh. Karena selama ini saya membuat video yang durasinya sekalian panjang.

Ternyata dalam proses pembelajaran; melalui cara bertanya dasar dan lanjutan dapat dimasukkan melalui “video” untuk siswa; untuk tarik ulur “curious” materi, ibu Pipit yang lulusan Warwick University, London memberikan masukan yang dapat dengan mudah diimajinasikan bagaimana di kelas.  

Kendalanya, sekali lagi memang di jaringan. Kuota Kemendikbud yang diberikan adalah, 5gb untuk internet, 65 Gb kuota untuk zoom / google meet (khusus Kemendikbud dan guru belajar). Begitupun dengan anak-anak; mereka mendapatkan 5 gb internet dan 35 Gb kuota untuk zoom/ google.  Jika kuota internet habis, kuota 65 tidak dapat terpakai. Harus dipancing dengan membeli internet harian “ketengan Rp 4.000”.  Ini hanya informasi saja.

Materi yang dipaparkan sederhana dan menarik untuk dipelajari lebih dalam, itu yang saya rasakan. Terkadang, kita perlu bereksplorasi melihat kebutuhan di lapangan bila terjadi stagnan tanggapan terhadap konten belajar siswa.

Rencananya minggu depan saya akan membawa siswa menggunakan game dalam learning apps.org untuk materi konten yang sama dengan minggu lalu. Bismillah. Semoga lancar.

Terima Kasih PSSDM yang telah memfasilitasi guru-guru untuk belajar IT. Begitupun guru-guru pengisi kegiatan Pak Ivan, Ibu Pipit, Ibu Capri, Pak Dadan dan semua teman-teman yang bertanya. Informasi yang tergali membuat saya lebih kaya dengan informasi tentang macam-macam aplikasi untuk mendukung pembelajaran.   

 

 

       

 

#PSSDM-AISEI

#Kelas Kreatif-AISEI

#Monarch University


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your opinion