Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

BELAJAR DARING DI KELAS RPL#Day9AISEIWritingChallengeNgerakitKehulu,JadinyaOprakOprek

 

NGERAKIT KEHULU, 

JADINYA OPRAK-OPREK

       “Stephen, tadi yang kamu dengar dari informasi video power point ibu apa?”  tanya Mirna di vrtual meeting

     “Saya mah dengernya ya bu; pertama kalau mau bongkar pasang HP samsung kayak gitu kudu tau dulu alat-alatnya yang dibongkarnya. Iya segitu aja bu” spontan Stephen sampaikan.

     “Bagus dan benar; apa lagi Zaki dan Hisham?”

     “Iya gitu bu, kita tuh harus tahu alat-alatnya yang mo dipake buat ngoprek dan negmbaliin oprekannya .. pokoknya gitu deh bu”  terang Zaki takut-takut.

      “Jadi, kita teh harus tahu dulu kesalahan atau kerusakan si itu teh.. langkah selanjutnya buka si Hp, temuin deh kesalahan atau kerusakan tadi.” Begitu menurut Hisham mah..

       “alhamdulillah berarti didengar ya.. presentasi ibu”

       “Kalian sudha punya tablet samsungnya semua? Coba acungkan jempol yang lagi pake tabletnya?” Tanya Mirna kemudian

       “Satu, Dua, 3, 4, 5, 6 ...“ Mirna menghitung anak asuhnya itu satu-persatu. Dari jumlah 28 di kelas yang hadir hanya 20 orang. Alhamdulillah. 8 orang lagi kemana niiy pikirnya, yang menggunakan tabletnya hanya 10 orang.

       “Hanya 10 orang yang menggunakan tablet. Kamera nya di On ya. Lalu nanti foto yang ibu perlihatkan HP Samsung yang sedang mengalami kerusakan. Kalian perkirakan analisa kasar dahulu, kira-kira kenapa si HP ngadat?” 

       Mirna mengungkapkan kemudian. Mirna memberikan contoh Gambar dari Aplikasi Youtube yang muncul di HP Samsung Jenis Galaxy Tab A (2016). Ternyata tombol suka  tidak bisa running alias tidak terdeteksi warna biru bila kita sudah menyukai konten tersebut. Serta contoh Gambar deteksi dari data Pengaturan; ruang memori terpakai.

                                                                                                                                           

                              

                                                                                                    Dok. Ekoji Channel 

                          

Dok. Pribadi Pengaturan Smart HP

        “Oke, kalian perhatikan slide Gambar yang ibu berikan di kolom Presentation. Nah, apakah permasalahan yang muncul di sana? Itu adalah  punya seorang pelanggan. Sebagai calon Teknisi apa yang akan kalian deteksi pertama kali?” jelasnya di google meeting saat itu.

          Anak-anak diam, tidak ada yang berani bersuara. Di kepala mereka yang terbersit, khawatir: salah, malu sama teman, tidak mau dibilang sok pinter, males, tidak perduli nanti juga dapat nilai. Mirna sekali lagi menanyakan dengan sabar dan ramah.

          “Gambar yang ibu berikan data dari HP seorang pelanggan. Pelanggannya bertanya pada kalian: Aa kenapa ya, di Youtube saya ga kelihatan kalau saya udah nge-like gitu?; terus terlihat di pengaturan sistem terdeteksi gambar yang kanan tea. Tah kalau ada pelanggan seperti itu; hubunganya kan dengan Kapasitas Memori, kira-kira apa yang akan kamu lakukan dan apa yang akan kamu katakan pada pelanggan? Tuliskan di kolom chat.

 “Nama : Zavier, 

  Kelas  : XI Samsung RPL A 

  Tindakan : 

  1.   Cek HP: program File saya (my document) di penyimpanan Hapus Cache

  2.   Meminta pelanggan untuk menginstal ulang pabrikan"

   “Terimakasih Zavier, Subhanallah. Bagus sekali, pendapat kamu”

   “Bu itu mah tinggal oprak oprek wehh ku sorangan” kata Idzar

   “Hahaha, masa sama pelanggan kitu? Kabur atuh pelanggannya..”

  “Coba kalian lakukan Tugas kalian seperti yang dilakukan Zavier, kemudian masukkan ke GCR Samsung Tech Class ya”

    “Oke bu” sahut Irvan

    “Siap”

    “Ibu Mirna, berarti Aku Udah ya..” chat Zavier meyakinkan gurunya.

    “Iya, kamu tidak usah melakukan lagi.”

    “Siaaaappp” ujar Fajar dan Daffa Berbarengan.

    "😄😏 iya bu" sahut Fajar Sidiq dalam chatnya

   “Sampai di sini dahulu pelajaran Samsung kali ini. tetapi ibu masih menunggu tugas kalian sampai dengan jam 11.59 pm ya,”

   “Wassalam..”  Mirna mengucapkan salam perpisahan dalam kelas Virtual dengan anak-anak asuhnya di kelas Rekayasa Perangkat Lunak Samsung ini.

Sementara chat dari orang tua, yang anaknya belum masuk di tiap kelas pembelajaran terus menerus mengalir tanpa henti sejak pagi tadi. Para orang tua khawatir dan panik ketika nama anaknya ada dalam daftar yang harus dibangunkan setiap hari oleh Ibu Mirna. Mereka malu bercampur bingung. Mirna menjawab pertanyaan mereka dengan sabar. Mirna menjelaskan dan mengarahkan orang tua apa yang harus dilakukan, meskipun dia sendiri merasa panik harus melakukan banyak hal dalam kehidupan di rumah tangganya. 

"Oh berarti, saya harus mengirimkan via chat private; nanti lagi" begitu pikirnya menyadari kesalahan komunikasi yang dia sampaikan beberapa waktu terkait anak-anak yang tidak hadir.

Mirna mulai membereskan file dan perkakas yang di bawanya di Lab lantai 3 sekolahnya.  jam sudah menunjukkan pukul 14. 50,  Suaminya pasti sudah menunggu di parkiran tak jauh dari pasar "Hurip" Dia harus membeli beberapa sayuran dan susu untuk anaknya yang kebetulan habis. 

Sebelum pulang dia finger print dahulu dan mampir ke ruang Ibu Rahmania yang menangani Bimbingan konseling untuk curhat masalah anak-anaknya. Dia akan mengirimkan 8 anaknya yang dianggapnya sebagai  anak-anak yang memiliki kesulitan belajar random students. Beberapa trik dia pelajarai di e book pedagogy, selebihnya intuisi saja yang diceritakan pada Ibu Rahmania karena kasihan melihat orang tua yang panik luar biasa dan siswa yang seperti beku di freezer dunia. mati enggan, hidup tak mau; begitu Ibu Rahmania berujar sambil tertawa renyah. 

      " Deal ya Bu, besok saya minta 3 orang dulu datang, yang terparah" tukasnya.

           "Siip.. "

            "yuk, aku duluan pulang ya.." jelasnya.

            "Siap Bun.. semangat"

Dijawab dengan senyum dan menaikkan tanganya tanda semangat.

    


                            kita lihat besok yang terjadi ....😨😱🙊








5 komentar:

  1. Banyak huruf yang ketinggalan, Bu. Maaf.

    BalasHapus
  2. Benar. Thank you ya.. senangnya dikasih tahu

    BalasHapus
  3. “Bu itu mah tinggal oprak oprek wehh ku sorangan” kata Idzar

    “Hahaha, masa sama pelanggan kitu? Kabur atuh pelanggannya..”

    Seru percakapan yang ini.... hihihihih

    BalasHapus

your opinion