Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Senin, 02 November 2020

Challenge AISEI #Day25AISEIWritingChallengeHeliKopterHidup

 

                                        HELIKOPTER HIDUP



Bentuknya kecil, kepalanya bulat di kanan-kirinya ada mata yang nampaknya seperti spion yang memiliki 3000 segi dalam mata majemuknya yang mampu mendeteksi mangsa di udara dengan cepat; binatang ini terlihat seperti mengenakan helm. Tubuhnya diciptakan Allah sangat ramping dengan buntut memanjang. Sayapnya sangat tipis dan mudah rapuh. Terbang berkeliaran biasanya di sekitar persawahan, ladang, sungai atau rawa.

 Foto ini diambil ketika wilayah di tempat kost keponakanku masih banyak lahan kosong. Di sekolahku, aku tidak pernah melihat binatang itu begitupun di wilayah rumahku. Sepertinya mereka tidak bermigrasi ke arah rumahku atau memang binatang ini menjadi binatang langka? Sejujurnya, capung yang nama biologinya adalah Pantala Flavescents (ini ternyata hanya salah satu jenis dari sekian banyak jenis capung) memang sudah mulai langka. Apa penyebabnya? Capung yang lebih senang hidup di udara bersih semakin berkurang lantaran wilayah hidupnya di persawahan, ladang, sungai atau rawa; juga makin berkurang saat ini. Kebanyakan lahan, sudah terisi oleh rumah, perumahan atau gedung-gedung.

Berbicara tentang capung, ada fakta mengejutkan yang dimiliki oleh capung ini yaitu kecepatan terbangnya mencapai 11000 mil; untuk seekor serangga, capung memilki ketangguhan yang luar biasa. Woow.. jet yang dibuat manusia hanya punya kecepatan  4000 km/jam

Jika ditilik lebih dekat, Inspirasi model pesawat helikopter dibuat persis seperti capung, yang orang Jawa Barat menyebutnya Papatong. Pada awalnya, seorang Pionir perkembangan industri pesawat terinspirasi sebuah mainan di Cina dengan menggunakan konsep teori terbang vertikal adalah Leonardo Da vinci di tahun 1483. Dia ingin mewujudkan sekrup terbang.

Banyak penemu lain setelah masa ini mengembangkan helikopter, lanjutan dari apa yang ditemukan Leonardo davinci.  Sampai akhirnya, seorang Rusia-Amerika Igor Ivanovich Sikorsky (1889-1972) berhasil membuat halikopter pertamanya VS-300 yang dapat terbang mundur, mengangkat dan berputar ini memang sangat mengejutkan.

Oleh karena itu, 11 orang mahasiswa di Delft Amerika yang salah satu nya adalah pengembang Helikopter ini  Christhope de Wagter, mengatakan “Karena pesawat menjadi begitu kecil, memberinya sayap yang bisa mengepak seperti burung adalah proporsi yang menarik” ketika mengungkapkan bagaimana rasanya menerbangkan Delfly sebutan untuk helikopter buatan mereka yang bentuknya seperti Capung Jarum.

Capung adalah indikator utama kebersihan udara suatu daerah. Jika predator serangga ini tidak terlihat terbang kesana - kemari, bisa jadi tingkat polusi di wilayah itu tinggi. Allah menciptakannya dengan tujuan agar manusia hidup dengan udara bersih dan terlepas dari segala macam penyakit.

Orang-orang tua dahulu membuat anaknya yang sering ngompol dengan cara menempelkan kepala capung pada pusar si anak. Entah apa hubungannya, tetapi kadang ada yang berhasil menggunakannya sehingga sang anak tidak ngompol lagi. Keajaiban atau kebetulan. Wallahu’alam bisawab.

 

 

Sumber :

Wikipedia

Gema Himabio UNY

 

Salam literasi!!!

#30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge

#100katabercerita

#pendidikbercerita

#warisanAISEI

#KomunitasSejutaGuruNgeblog

#AISEIInsiraAction

#KelasKreatif

#KOGTIK

#KomunitasSejutaGuruNgeblog(KGSN)


3 komentar:

  1. Hebat ya Capung..
    Dapat ilmu hebat dari capung yang dituliskan pemilik blog kreatif ini
    TErimakaish

    BalasHapus
  2. Capung. Binatang hebat yang mampu menangkap mansadi udara.

    BalasHapus

your opinion