Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Kamis, 04 Februari 2021

#Feb6AISEIWritingChallengeSirsak

 


6st February  2021 

SIRSAK

 

Pagi sepulang dari Work From Office sekitar jam 15.00 an kemarin. Beres-beres rumah masih belum selesai. Saya dibantu anak membersihkan halaman depan rumah. Rumah sebelumnya, kita memiliki pohon belimbing wuluh dan buah belimbing. Semua punya khasiatnya masing-masing.

Rumah yang saya tempati sekarang, juga memiliki pohon buah yang tidak asing bagi penderita asam urat, yaitu Sirsak. Setelah selesai membersihkan teras depan yang banyak daun-daun sirsak berserakan. Saya masuk ke dalam rumah belum lagi sampai ke dekat pinta tiba-tiba terdengar “kreeek Blukkk!”

Jelas dong, saya kembali menengok ke teras hari itu, memang hujan angin di wilayah saya cukup besar. Semua berputar dan melambai cukup keras. Ternyata buah yang disebut oleh orang Betawi sebagai Nangka Landa karena daging buahnya putih sementara nangka berwarna kuning keemasan. Kulitnya berduri jarang-jarang, sedangkan Nangka duri-duri pada kulit terlihat rapat.

Langsung saya ambil karena Sirsak ini matang dari pohonnya. Saya cuci dan masukkan ke dalam lemari pendingin. Akan segar jika dibuat jus sirsak untuk buka puasa. Godaan luar biasa ketika kita berpuasa. Alhamdulillah saya bisa bersabar kemarin untuk menikmati jus sirsak di waktu berbuka.

Sayang seribu sayang, saya terlupa memakan jus yang sore itu sudah saya siapkan untuk diminum pada saat buka puasa. Memang belum rezeki.

Pagi ini, sesuai dengan tema The power of Kepepet, saya searching artikel yang berkaitan dengan sirsak dan orang yang menderita asam urat dan ibu hamil.

Gizi yang terkandung di dalam daging sirsak antara lain karbohidrat (fruktosa), kalori, protein, lemak, serat, vitamin, B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin C. selain vitamin yang disebutkan sebelumnya, ternyata sirsak juga mengandung asam folat yang baik bagi janin (ibu hamil), riboflavin, asam pantotenat (diketahui bermanfaat sebagai koenzim A (CoA) yang berperan vital dalam banyak metabolisme pelepasan energi; sifatnya larut dalam air) , niacin dan thiamin.

Sementara untuk penderita Asam Urat, daun maupun buah sirsak dapat menurunkan kadar asam urat. Caranya mudah hanya dengan membuat jus sirsak tanpa gula. Vitamin yang terkandung di dalam buah sirsak selain yang diatas yaitu sebagai penghambat pembentukan asam urat dengan produksi enzim xantin oksidase yang terdapat dalam vitamin c sirsak (mengandung zat antioksidan tinggi); Jika daun sirsak yang ingin dipakai yaitu dengan menyeduhnya seperti membuat teh. Caranya 10 lembar daun sirsak direbus dalam 3 gelas air mendidih. Diamkan sampai dingin. Diminum setiap pagi sampai habis.

Alhamdulillah pindah membawa berkah. Semoga memberikan kasih sayang pada orang-orang yang menderita asam urat tinggi dan juga ibu-ibu hamil.

 

 #thepowerofkepepet

#pikir15menit

#nulis15menit

#kasihsayang


Daftar Pustaka:

 1.  https://www.google.com/search?q=kandungan+sirsak+dan+manfaatnya&safe=strict&sxsrf=ALeKk03CN6uZSMekis208kAoVLV2GFKS4A:1612500667123&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjN0dqL-dHuAhUEfisKHeJlAjkQ_AUoAXoECAsQAw&biw=1093&bih=500

2. https://www.merdeka.com/jabar/12-manfaat-buah-sirsak-untuk-kesehatan-baik-untuk-tingkatkan-sistem-kekebalan-tubuh-kln.html#:~:text=Manfaat%20buah%20sirsak%20di%20dapatkan,niasin%2C%20thiamin%20dan%20masih%20banyak

3.  https://www.alodokter.com/vitamin-b5#:~:text=Vitamin%20B5%20atau%20asam%20pantotenat,karbohidrat%2C%20protein%2C%20dan%20lemak.

4. https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_pantotenat#:~:text=Asam%20pantotenat%20(vitamin%20B5)%20merupakan,dalam%20banyak%20metabolisme%20pelepasan%20energi.

5.  https://kesehatan.kontan.co.id/news/daun-sirsak-ampuh-menurunkan-asam-urat-begini-cara-konsumsinya

4 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat,,,jadi mau jus sirsak nih...he..he..salam literasi.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Terimakasih semoga Allah sembuhkan dengan buahnya ya. Boleh. BU ai.. kirimnya bagaimana? Hihi

    BalasHapus

your opinion