Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Minggu, 14 Februari 2021

#Feb10AISEIWritingChallengePengalamanMenyenangkanSeorangAnak

 10st February  2021




PENGALAMAN MENYENANGKAN SEORANG ANAK


Pembelajaran menyenangkan selalu didengungkan oleh begitu banyak nara sumber saat pandemi. Berbagai tip dan trik juga dipelajari oleh para guru. The power of Kepepet hari ke 10 ini, dengan penuh kasih sayang; saya datang ke sekolah untuk Work from Office karena harus mendownload materi tugas siswa seminggu ini.

          Saat itulah, saya baru mengetahui. Betapa cerdasnya anak-anak saya dalam menceritakan karya mereka yang saya tetapkan dalam materi-materi tertentu. Mereka sangat bersemangat sekali menceritakan pengalaman mereka. Salah satu dari mereka ada yang menceritakan bagaimana pengalaman dia mengikuti pelatihan dan membuat komunitas yang terus menggali informasi sambil tak lupa mengingatkan saya bahwa di begitu bahagia bersama dua teman lainnya berencana untuk mengembangkan IT yang dia dapat di sekolah kami.

          Senyum saya tak lepas dari wajah saya ketika mendengar dia menyampaikan pengalamannya pada saya. Meskipun lelah dari pulang dari sekolah jam 13.00 dan sampai di rumah sekitar pukul 16.00. chat nya masih belum berhenti. Ternyata chat nya yang mengasyikan itu; membuat saya yang sedang membaca urung untuk menyelesaikan bacaan dari chat lain. Alhamdulillah, satu orang telah merasakan manfaat yang luar biasa dari sebuah obrolan tentang masa depan dan keinginannya untuk menunjukkn pada orang yang menganggapnya gagal dirinya menjadi putik bunga yang akan merekah di sebuah musim semi. Pasti indah pada waktunya.

          Rasa sayang saya sebenarnya bukan hanya pada satu orang siswa. Hanya kebutuhan mereka yang berbeda terhadap kemampuan untuk menangkap sesuatu yang salah menjadi sesuatu yang membuat mereka makin terpuruk dan menganggap diri mereka bukan orang yang diharapkan.

          Rasa sayang seorang guru belum bisa menyamai rasa sayangnya orang tua sebenarnya ketika tiap menit melihat perkembangan sang anak. Meskipun sang buah hati menutupi kelemahan yang dimilikinya, di dasar hati orangtua mengetahuinya dan memaklumi dalam batas wajar. Sementara guru menyayangi dibatasi oleh ruang dan waktu. Jika ada guru yang rasa sayangnya melebihi orang tua, sudah barang tentu, guru itu perlu berbagi ilmu pada guru lainnya. Kesulitan utama dari seorang guru adalah dia bukan hanya sekedar sebagai seorang pentransfer ilmu yang piawai tetapi dia juga berperan sebagai negosiator yang handal.  

          Negosiator handal ini yang memberatkan. Perlu banyak ilmu komunikasi dan ilmu psikologi untuk berperan sebagai negosiator di ruang kelas. Bagaimana caranya? Sepertinya saya harus berburu ilmu dahulu dari gur-guru lain. Kita bahas di pertemuan berikutnya ya. Cao,..

 

 

###

 

#thepowerofkepepet

#pikir15menit

#nulis15menit

#kasihsayang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your opinion