Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Minggu, 04 April 2021

Day2 April 2021#AISEI WritingChallenge#InsprasiKartini#KurikulumNgumpetKeberkahanMelayaniOrangTua

 Jatinangor, 2 April 2021

KEBERKAHAN MELAYANI ORANG TUA

Usianya masih 49 tahun baru ulang tahun alias milad akhir bulan Kemarin. Dia adalah adikku, lahir empat tahun lebih muda dari ku. Putra-putrinya sudah empat orang. Meskipun berat dia tetap bergerak sebagai ibu rumah tangga yang kreatif.

Saat Ramadhan tiba setiap tahun ketika dia baru memiliki anak dua orang, dia mengajarkan anak-anaknya untuk sholat dan puasa dengan memberikan gambar kartun di pintu masuk rumah dan kamar anak-anaknya ditambah kata-kata “Marhaban ya Ramadhan”.  Saya kira semua orang juga berusaha seperti dia untuk memperkenalkan agama yang dipercaya kepada anak-anaknya. Sepertinya biasa dialami oleh ibu-ibu.

Bagi saya dia adalah adik yang menginspirasi kesholehan hati yang luar biasa. Mengapa saya mengatakan itu?

Ketika kakak-kakaknya bekerja menyebar di beberapa kota di jawa. Tanggungjawab perkembangan kesehatan orang tua dia yang menangani. Dia lulusan IT dari Universitas Gunadarma Jakarta, pernah mengajar IT. Tetapi karena kebutuhan mengurus orang tua yang sakit karena tua dan karena penyakit ganas, dia bersedia mencari tahu semua permasalahan dan dibagikan kepada kami kakak-kakaknya. Hingga di akhir kehidupan orang tua kami, semua kakak-kakaknya ini merasa berhutang kepadanya dan bahagia memiliki adik yang penuh pengertian.

Tidak hanya itu, kesabaran yang luar biasa menghadapi orang tua yang pikun bahkan terkadang lupa dan menyalahkan dirinya mampu dia hadapi dengan tenang dengan dukungan suaminya. Pasang surut kehidupan berkeluarga dijalani dengan berani apalagi bila berhubungan dengan masa depan anak-anaknya.

Menangani orang tua yang pikun, dengan berpenyakit buat saya sesuatu yang benar-benar sulit terbayangkan. Tangis air mata menghadapi omelan, luapan emosi, kejahilan, dan rujukan mereka, menjadi hal yang harus dilewati olehnya dan suaminya dalam mengurus orang tua. Ketika sudah tidak kuat baru dia dan suaminya berbagi dengan kami.

Keberkahan selalu menghampiri dia dan keluarga kecilnya karena dia mengajarkan pada semua anak-anaknya bagaimana merawat orang yang sudah tua. Saya sangat iri melihatnya bisa merawat orang tua dengan baik karena pekerjaan. Alhamdulillah Allah berikan kesempatan saya juga berbakti kepada Ibu dan bapak saat mereka sudah tidak mampu berbicara, berjalan, dan bersikap normal seperti manusia muda pada umumnya. Kebetulan adikku waktu tu sedang mengurus anak-anaknya yang baru masuk Universitas dan yang lain masuk SMP. Jadilah saya, ijin bahkan keluar dari pekerjaan karena Allah menempatkan saya pada pekerjaan yang mulia. Betapa senangnya saya saat itu meski di sisi lain saya tidak punya pekerjaan pasti. Hidup saya terasa berarti.

Biasanya orang yang sudah tua sering terlupakan untuk dirawat, dipahami, dan disayang. Adik saya Tetra Rahmadini, S.Kom., mampu membuktikan bahwa rahmat Allah dapat dicari dari melayani orang tua bukan sebaliknya bahkan menghitung pelayanan kepada mereka dengan nilai uang. Masya Allah. Semoga pembaca dihindari dari keburukan hal seperti ini. Semoga adikku dan teman-teman yang menyayangi orang tua dan menjaga mereka selalu mendapatkan keberkahan Allah yang sangat luar biasa.  


#AISEI WritingChallenge

#InsprasiKartini

#KurikulumNgumpet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your opinion