Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Rabu, 14 April 2021

Day9 April 2021#AISEI WritingChallenge#InsprasiKartini#KurikulumNgumpetWanitaEnergikDenganKompetensiJempol

 Jatinangor, 9 April 2021

WANITA ENERGIK

AKSINYA JEMPOL


Saya kurang mampu mengeksplorasi materi Inspirasi Kartini atau Kurikulum Ngumpet versi AISEI. Saya hanya berusaha menuliskan apa yang saya ketahui dan pikirkan. Semoga saja tidak menyimpang dari tantangan yang diberikan.

        Perempuan cantik di foto atas dikenal dengan nama Dr. Capri Anjaya, S.Pd. M. Hum. Mengapa saya mengulas beliau dalam tantangan menulis AISEI#InspirasiKartini di bulan April ini. Jujur sebenarnya, saya hanya mengenal beliau melalui organisasi AISEI yang saya ikuti agar saya mampu menyalurkan bakat menulis saya. Waktu itu saya benar-benar merasa tertantang untuk menulis di AISEI karena ada Universitas dari Malaysia yang ingin menyampaikan sebuah tema yang amat menarik; tetapi kegiatan itu sebenarnya hanya untuk guru/kepala sekolah SMA yang memang lebih kredibel untuk materi melanjutkan kuliah siswa-siswanya dibanding guru/kepala SD, SMP dan SMK. Tetapi ketika saya menyapa beliau di kolom chat Whatsapp meminta izin mengikuti kegiatan itu, beliau sungguh mempersilahkan kami (kebetulan saya baca dari yang mengikuti ada beberapa dari Guru SD, SMP dan SMK; selain saya). Beliau orang yang familiar sekali pada anggota perkumpulan guru menulis dan kreatif ini. Beliau pun orang yang tegas dan kompeten sekali di bidangnya, beliau mampu menilai guru-guru yang aktif dan tidak di dalam perkumpulannya. Saya sempat juga kena tegur secara halus siih ketika group kelas kreatif yang saya ikuti membuat aktivitas diskusi. Kami dibagi ke dalam group-group kecil. Ini dilakukan sebagai praktik latihan bagi guru-guru dimanapun. Ternyata guru-guru yang ada di group saya bermasalah di jaringan, termasuk saya. Semenjak itu, jika saya mengikuti kegiatan berusaha aktif; meskipun masih saja masalah jaringan di tempat saya “ngeselin” kenapa? Jika sedang dibutuhkan loading terus.    

        Hebatnya Mbak Capri (bahasa yang dipakai Mbak Dea dan Mbak Dahlia dari AISEI Guru Menulis) selalu ikut dalam setiap kegiatan AISEI bahkan kadang menjadi Host dalam Zoom Meeting. Tahu nggak, beliau memiliki begitu banyak jabatan. Bukan karena beliau ingin jabatan tersebut saya kira, tetapi karena beliau memang tipe orang yang tidak bisa diam alias perempuan aktif di berbagai organisasi. Jabatan yang dipegangnya juga tidak main-main. Beliau memegang jabatan sebagai ketua Yayasan Pusat Studi Sumber Daya Manusia, disamping jabatan Committee of Management of ANPS (Association of National and Private School) dan kepala sekolah TK, SD, SMP dan SMA di sekolah Nasional, sekolah Bertaraf Internasional  serta sekolah Internasional (SPK) belum lagi sebagai kepala sekolah SMP dan SMA d ACS dahulu dikenal sebagai sekolah Tiara Bangsa. Di AISEI pun, beliau menjabat sebagai ketuanya yang memiliki berbagai bagan di dalamnya ada AISEI Inspiraction, ASEI Writing Club, AISEI Kelas Kreatif semuanya berjalan dengan dukungan guru-guru di Indonesia untuk menjadi guru yang profesional sesuai jalannya.

Masya Allah, Kartini jaman kiwari tidak bersekolah, mau bergerak memajukan anak bangsa banyak sekali kendalanya. Sekarang pasti juga bukan tidak ada kendala. Kendalanya sangat berbeda. Banyak sekali guru yang tergabung dalam AISEI, banyak yang berkeinginan untuk menjadi penulis seperti Mbak Capri ini juga selain profesional di bidang pendidikan yang jempol abis.  

        Saya terbayang susahnya mbak Capri mencoba menyamakan persepsi semua guru dari sabang sampai merauke dengan tantangan virtual expose devices. Saya berharap bisa selalu mendukung semua rancangan organisasi ini agar guru-guru dapat lebih maju dari saat  dilaksanakan dalam Daring menuju New Era dengan kerjasama apik sebagai etos kerja luar biasa.


#AISEI WritingChallenge

#InsprasiKartini

#KurikulumNgumpet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your opinion