Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Sabtu, 24 Oktober 2020

Challenge AISEI#Day20AISEIWritingChallenge#ICEI#AniSuliantiBercengkramaDengan ACTSabtuSore

 

BERCENGKRAMA DENGAN ACT SABTU SORE




Hari Sabtu, 24 Oktober 2020 adalah rezeki luar biasa yang diberikan Allah. Pasalnya, sejam jam 09.00 sd jam 21.00 banyak yang harus dihadiri  dalam zoom meeting. Semua tentang guru belajar. Sayang ada beberapa yang tidak bisa saya hadiri karena sesuatu dan lain hal. Pilihan zoom meeting saya jatuh pada Ekoji Chanel Academy tentang Review penulis Buku September Ceria,  Kelas Kreatif tentang Digital Tools for Games and Fun Learning Experiences, AISEI: Bincang Edukasi:21st Century Skills for young learners: Communication Skills, IG: Kelas Guru belajar Kemendikbud.  

Semua nya memang yang dibutuhkan saya saat mengajar. Ada yang menarik saat saya mengikuti kegiatan ini semua, memang kebetulan yang saya butuhkan dalam penulisan buku bersama Prof. Eko di Oktober Impian. Topik yang saya ingin gali adalah sisi komunikasi yang salah dalam pembelajaran akan berakibat fatal, dari sumber yang saya punya.



Apa yang disampaikan oleh Ibu Ani Sulianti dari ACT dalam kegiatan yang diselenggarakan AISEI membuktikan kepada saya komunikasi efektif itu harus dilatih, didukung dan  dikuatkan oleh  keluarga, guru dan lingkungan. Perlu juga mengenali noise dalam komunikasi antar pribadi maupun dalam media sosial.

Komunikasi efektif terjadi dua arah (two way traffic), bubungan yang terjadi lebih erat, pesan tersampaikan dengan baik, mengurangi kesalahpahaman, konflik dari permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik. Komunikasi Efektif juga harus melihat tanggapan penerima pesan baik dalam bentuk verbal maupun non verbal, body language, dan gesture.




Untuk memperlancar komunikasi diperlukan langkah pembiasaan berbicara di muka umum. sebagai guru semestinya kita perbanyak referensi tentang teori komunikasi efektif ini agar siswa kita menjadi "Deeply Learners". Stimulus berkomunikasi memang harus ada kedekatan secara pribadi yang disebut Komunikasi antar pribadi.

 

 

Semangat literasi!!!

 

 

 

#30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge

#100katabercerita

#pendidikbercerita

#warisanAISEI

#KomunitasSejutaGuruNgeblog

#AISEIInsiraAction

#KelasKreatif

#KOGTIK

#KomunitasSejutaGuruNgeblog(KGSN)

#ICEI

#AniSulianti











4 komentar:

your opinion