Mengenai Saya

Foto saya
I love writing, learning, cooking, watching some cartoon films such, sponge Bob, naruto, the legend of Aang.

Jumat, 09 Oktober 2020

#Day4AISEIWritingChallengeKisahkudihariKamisdanJum’at.

 

KISAHKU DI HARI KAMIS DAN JUM’AT

 

Sejak pagi, aku masuk kelas virtual pukul 07.20  Seharusnya jam 07.10 sengaja di telatkan. Pengen tahu apa reaksinya anak-anakku di kelas. Ternyata mereka justru seneng. Wah .. salah strategi! Sambil menunggu anak-anak bangun atau menyahut panggilanku di group WA. Iseng-iseng buka youtube Mas Prof. Ekoji. Sudah selesai menyimak dan memahami isinya. Mataku beralih ke K-POP yang ada di channel ku memang kebanyakan K-POP dari SM Entertainment. Anak-anak “Gifted and Talennted” berusia sekitar 22 tahun sampai dengan 28 tahun yang baru setahun debut memiliki nama Super M. Mereka sudah bergabung di SM Entertainment mulai dari usia 14 tahun sebagai trainee, Mau denger lagu dan lihat wajah-wajah tampan mereka? Wajah tampan mereka asli bukan oplas. Operasi plastik dilakukan hanya untuk orang dewasa di SM Entertainment ini punya aturan tidak menganjurkan di operasi plastik. Ini dia.

Ini bukan iklan layanan SM Media. Tetapi saya mengamati banyak kebiasaan dan keseharian mereka dari video di dome (asrama), latihan menari, merekam suara, membuat lagu, menghapal gerakan dan tetap sekolah formal, menjadi famous itu tidak mudah. Kerja keras mereka benar-benar terbayar. Herannya, ko mereka masih loveable, shabar menghadapi haters, menjaga attitude, menjaga perasaan satu sama lain. Trik apa yang dipakai dan diterapkan SM International school, membuat ku penasaran. Loh kok.. saya jadi menceritakan K-POP. Padahal pengennya dirahasiakan. Ya sudah terlanjur malu.

Aku sebenernya mau cerita tentang anak-anakku di Klub Ngopi-Ngopi. Mereka bukan seperti anak muda besutan SM Entertainment. Mereka justru dianggap anak yang memiliki kesulitan belajar di kelas bimbinganku. Kesulitan belajar mereka bermacam-macam. Ada yang malas, tidak paham penggunaan IT tools terbarukan, kurang mampu berkomunikasi dengan teman atau guru, cari perhatian, Bucin terus, sampai dengan tidak percaya diri atas kemampuannya. Seperti kura-kura bila ada wali kelas, maka kepala mereka disembunyikan di tempurungnya.

Klub ini baru berdiri minggu kemarin karena aku lelah japri mereka satu persatu untuk membangunkan agar masuk kelas virtual. Kamis kemarin, sudah ada 2 orang siswa yang belajar di sekolah dengan alasan kesulitan belajar, mereka khawatir menjadi sebuah kebiasaan yang sulit teratasi nanti. Aku bekerjasama dengan BP sekolah membuat jadwal siapa masuk di hari apa dengan materi pembinaan tertentu. Lucunya BP sekolahku sampai terpingkal-pingkal ketika salah satu siswaku mengatakan hal yang tak terduga.

Vega : Bu, kunaon ari korona teh lila-lila teuing? Abi teh bade sekolah deui?

Irfau  :  Nya alus ari Ve bade kasakola deui mah. Emang ti sakola teh bade naon kitu?

Vega : Abi teh reseup ameung jeung babaturan di sakola ameh teu males. Lieur bu onlen-onlen mah. Teu kaharti.

Irfau : Pan, Ve jurusan na RPL. Naha jeung hese? Teu ngikutin nya?

Vega   : Nya sih, jarang abus ka pelajaran onlen. Komo Android, PHP, Phyton. Abi teu ngarti pisan, bu. Pusing. Tapi penasaran keneh bu.

(seuri Ve jeung babaturan anu diajak ke bu Irfau guru BP untuk bimbingan sembari ngopi nu aya we di ruang BP)

Saat itu mereka harus Zoom meeting Mapel PHP yang tidak ikut zoom dianggap tidak hadir. Ve kesulitan membuka HP xiomi nya.

Vega  :  Van urang teu ngarti, naha teu tiasa iyeu mah, cik bareng atuh jeung didinya? Abus keun van.

Irfau    : Makana keudah rajin abus bageur, ka kelas ari penasaran mah. Ari engke teu naik kumaha? Geuning abus ka zoom ge teu tiasa gan?

Vega  :  Da eta mah moal ditanya di alam kubur bu, anu ditanya mah sholat na.

(Kabeh sa rereuri teu kiat ngabanyolna ejeung raut wajah na) setelah tenang sejenak.

Irfau    : Iya betul nak. Tetapi kamu sudah memilih hidup kamu di dunia ini belajar dengan yang kamu penasaran tadi kelas RPL. Ya tahu dulu saja sembari kamu mengerjakan sholatnya. Kan berarti kamu sudah melaksanakan kebaikan

Vega   : Eh enya deh ketang, da sholat urang ge bolong-bolong geuning. Trus teh, seusah bangun pagi. Shubuh ge beurang. Dibangunkeun ku bu Diah dina HP. Dimatikeun ku urang da berisik.

Seuri deui kabehan. Ve melanjutkan sambil terus berupaya masuk menggunakan zoom. Tetap tidak bisa

Vega  : Van iyeu kumaha. Putih whungkul.

Irvan   :  Dieu...  dan jreng ... tah.. iyeu na di kiyeukeun. Pencet anu iyeu na. Tah ambyar kan.

Vega   :  naha bisa kitu van. Cik cobian sakali deui. Ku urang van.

Misi bu Irfau berhasil buat Vega yang penasaran menjadi bersemangat belajar di Klub Ngopi-Ngopi. Meski tak sebagus SM Entertainment, kita berusaha terus belajar mengubah proyeksi anak menjadi lurus tentang apa itu belajar. 



4 komentar:

  1. Ngajar kelas tingkat menengah bisa bikin klub ngopi-ngopi.

    Dibangunkeun ku bu Diah dina HP. Dimatikeun ku urang da berisik.

    Emang bu Diah suka membangunkan siswa? He he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heunteu pak. Hese.. pas dimatikeun. Urang lieur kamana deui, ngahubungkeun ci budak bageur. Tah.
      Ide na... tlp mama and papa nya anak itu pak.. teu bisa berkutik ci bageur teh.. hahaha

      Hapus
  2. Ayo semangat memupuk daya juang dalam murid2 kitaaa kereen buu

    BalasHapus

your opinion